Di Hadapan Gubernur Aceh, Anggota DPRA Minta Kawasan Barat Selatan Tidak Dianaktirikan

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Anggota DPR Aceh, Tarmizi SP meminta Pemerintah Aceh ikut memperhatikan pembangun wilayah Barat Selatan Aceh. Salah satunya terkait pembenahan infrastruktur jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie dengan Kecamatan Tutut, Kabupaten Aceh Barat. Hal ini disampaikan Tarmizi SP dalam interupsinya pada sidang paripurna DPRA dengan agenda penyerahan Laporan hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (LHP-BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Aceh Tahun Anggaran 2020 di Gedung Utama DPRA Banda Aceh, Selasa (4/5/2021).

“Kita meminta Pemerintah Aceh ikut serius membenahi infrastruktur di wilayah Barat Selatan Aceh. Soal pemerataan pembangunan masih jauh tertinggal, padahal wilayah Barat Selatan juga memiliki banyak potensi alam yang dapat dimanfaatkan,” kata Tarmizi SP.

Baca : DPRA Gelar Paripurna Penyampaian LHP BPK Pemerintah Aceh 2020

Dalam interupsinya itu, politisi Partai Aceh ini menjelaskan bahwa semua jalan lintasan Barat-Selatan sepenuhnya bersumber dari dana APBN, kecuali jalur lintasan Geumpang – Tutut. Menurutnya, dana yang dikucurkan untuk jalan yang menghubungkan Kabupaten Pidie dengan Kabupaten Aceh Barat ini sangatlah minim, yakni berkisar mulai Rp 5 Miliar hingga Rp 10 Miliar.

“Itulah sebabnya mengapa kondisi rute jalan Geumpang-Tutut ini kondisinya sangat memprihatinkan. Bahkan mirisnya lagi, kita kerap mendengar adanya bahaya longsor yang dapat membahayakan pelintas,” kata Tarmizi SP.

Jika kondisi ini terus terjadi, kata Tarmizi SP, maka dipastikan jalan Geumpang – Tutut yang dijadikan sebagai rute alternatif masyarakat Barat Selatan tidak akan tertangani dengan baik. Oleh karena itu, ia meminta Pemerintah Aceh untuk segera menindaklanjuti dengan mengalokasikan anggaran yang proporsional pada APBA 2022 mendatang.

“Begitu juga soal pembangunan terowongan Gurutee yang pernah dirancanakan dulu, secepatnya harus disikapi dengan bijak,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT