Di Aceh, Kasus Covid-19 Bertambah 284 Orang, Umumnya Isolasi Mandiri

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Kasus baru warga yang positif terpapar Covid-19 di Aceh bertambah sebanyak 284 orang.Pasien sembuh bertambah 87 orang dan 7 orang dilaporkan meninggal dunia. Hingga saat ini, sebanyak 3.714 orang dilaporkan masih menjalani perawatan intensif.

“Umumnya warga yang masih menjalani perawatan itu banyak melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani pada Jumat (11/6/2021).

Sapaan akrab SAG menjelaskan, kasus penderita Covid-19 di Aceh umumnya orang tanpa gejala (OTG) sehingga tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit. Mereka cukup dengan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing di bawah pengawasan tenaga kesehatan. Menurutnya, pengawasan oleh tenaga medis Puskesmas meski dilakukan secara ketat n

Advertisement

amun tidak melekat selama 24 jam. Karena itu dituntut kesadaran penderita sendiri dalam menjalankan protokol isolasi mandiri.

Protokol isolasi mandiri tersebut dibuat sedemikian rupa untuk mempercepat pemulihan penderita sendiri. Ini sekaligus untuk melindungi anggota keluarganya yang lain dari ancaman penularan virus corona.

“Peran keluarga juga sangat penting dalam mengontrol disiplin protokol isolasi mandiri tersebut,” tambahnya.

SAG menegaskan, Satgas Covid-19 gampong sangat penting untuk memastikan protokol isolasi mandiri itu dijalankan dengan baik dan benar oleh semua pasien dan keluarganya. Selain dukungan pengawasan, Satgas Gampong juga dapat memberi dukungan moril dan materil sesuai sumber daya yang ada.

“Setiap orang sakit, apalagi penderita Covid-19, sangat membutuhkan dukungan semua pihak agar segera pulih dan sehat kembali,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT