Curi Kotal Amal, Remaja Masjid di Banda Aceh Diringkus Polisi

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Aksi pencurian kotak amal masjid kembali terjadi di wilayah hukum Polresta Banda Aceh. Kali ini, sasarannya adalah Masjid Jamik Lueng Bata, Banda Aceh. Aksi kejadian ini sempat terekam kamera CCTV. Pelaku tak lain adalah oknum remaja mesjid.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto melalui Kapolsek Lueng Bata AKP Ritian Handayani mengatakan, aksi pencurian ini terjadi pada hari Sabtu (6/3) malam lalu. Para pelaku beraksi dengan bantuan seorang warga yang bekerja sebagai pembersih halaman masjid.

“Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku yang masih remaja masuk melalui pintu depan masjid. Dia juga sempat berjalan perlahan – lahan dan memperhatikan kondisi sekitar. Merasa keadaan masjid sepi, pelaku mengambil isi di dalamnya dengan cara tanpa merusak kotak amal tersebut,” kata AKP Ritian Handayani pada Rabu (17/3).

Aksi kejahatan ini terbongkar saat panitia masjid melakukan pengecekan terhadap kotak masjid pada Sabtu (6/3) lalu. Saat dicek, panitia menaruh curiga pada salah satu kotak masjid. Pasalnya, ditemukannya cairan perekat berupa lem yang ada pada lubang kotak amal tersebut.

Panitia kemudian melakukan pengecekan pada monitor kamera CCTV yang ada di dalam masjid. Dalam rekaman CCTV, salah satu pelaku terlihat memasuki ruangan operator untuk menonaktifkan kamera CCTV tersebut. Tujuannya untuk kelancaran dalam melakukan kejahatannya.

“Usai mematikan monitor CCTV, pelaku langsung beraksi melakukan pencurian uang dengan alat bantu tali strapping yang sudah berikan cairan perekat,” tambahnya.

Usai melihat rekaman itu, salah satu panitia masjid langsung melapor perihal kejadian ke Polsek Lueng Bata. Hal ini sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP.B /04/III/YAN.2.5/2021/SPKT tanggal 10 Maret 2021 untuk dilakukan pengungkapan kasus.

Berbekal hasil dari kamera pengawas, Unit Resintel Polsek Lueng Bata melakukan berbagai upaya untuk pengungkapan kasus tersebut. Keesokan harinya, Kamis (11/3) sekira jam 01.30 WIB, tim opsnal P

Advertisement

olsek Lueng Bata berhasil meringkus salah satu pelaku berinisial FR (21). Pelaku yang tercatat sebagai warga Lueng Bata ini terekam kamera CCTV.

Setelah dilakukan pengembangan, pelaku tidak beraksi sendirian. Ia turut dibantu empat rekan lainnya dalam menguras isi kotak amal masjid. Setelah mendapat identitas keempat tersangka, polisi meringkus dua pelaku, yakni berinsial IR (22) warga Banda Aceh dan AS (17). Kedua pelaku ditangkap di salah satu warung kopi di kawasan Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar pada Kamis (11/3) dinihari.

“Para pelaku mengatakan, aksi mereka ini sudah berlangsung selama berkisar enam bulan. Mereka berhasil menguras isi kotak amal masjid hampir Rp 50 juta dengan obsesi sebagai uang saku keperluan sehari – hari,” ujarnya.

Kemudian keesokan harinya, AN (19) salah satu pelaku yang terlibat dalam kasus pencurian ini diantar oleh orang tuanya ke Polsek Lueng Bata, Banda Aceh untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Selain itu, polisi juga turut mengamankan pelaku berinsial DU (46) warga Pidie.

“DU sehari-hari bertugas sebagai pembersih halaman masjid dengan peran sebagai pemantau situasi,” ujarnya lagi.

Saat ini kelima pelaku saat ini diamankan di Polsek Lueng Bata. Menurut keterangan polisi, kemungkinan masih adanya pelaku lainnya yang terlibat dalam aksi kejahatan pencurian tersebut.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh pihak petugas diantaranya dua unit sepeda motor sebagai alat bantu, satu unit Handphone dari hasil kejahatan. Kemudian satu helai jacket warna hitam yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya, tiga helai baju kaos, satu helai celana kain warna hitam, satu buah lem sebagai perekat, dua potong tali strapping dan uang hasil kejahatan senilai Rp. 10,3 juta.

Para pelaku dewasa dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan selama tujuh tahun penjara. Sedangkan untuk pelaku anak dibawah umur dikenakan pasal 363 KUHP Jo UU RI No. 11 tahun 2012 tentang sistem Peradilan Anak. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT