Covid-19 Varian Alfa Incar Aceh, SAG : Waspadalah !

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Aceh menyatakan virus corona varian B.1.1.7 (Alfa) saat ini sedang mengincar masyarakat Aceh. Berdasarkan catatan, ada 49 kasus varian delta yang telah ditemukan di 10 Provinsi di Indonesia.
“Dua kasus Covid-19 varian Alfa terkonfirmasi di tetangga kita, provinsi Sumatera Utara,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani pada Jumat (2/7/2021).
Sapaan akrab SAG menjelaskan, informasi terbaru terkait penyebaran Covid-19 varian baru itu berdasarkan data secuent variant of confern. Data yang diperoleh hingga 22 Juni 2021 lalu menyatakan bahwa, varian Alfa tersebut telah ditemukan sebanyak 4 kasus di 10 Provinsi di Indonesia.
Selain itu, Kementerian Sosial juga mengungkapkan enam kasus varian baru, yakni B.1.351 (Beta), dan 254 kasus varian B.1.617.2 (Delta) di tanah air. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan ketiga varian tersebut sebagai variant of concern (VoC).
SAG  menjelaskan, varian Alfa kini sudah mulai menyebar hingga 14 Provinsi di Indonesia, termasuk Sumatera Utara dan DKI Jakarta. Menurutnya, kedua provinsi tersebut merupakan kawasan yang sangat tinggi mobilitas masyarakat Aceh. Apalagi, katanya lagi, Provinsi Sumatera Utara sangat rentan mengincar masyarakat Aceh karena mayoritas frekuensi pulang-pergi warga Aceh ke kota Medan dan sekitarnya sangatlah tinggi.
“Masyarakat Aceh perlu mewaspadai ketiga varian Covid-19. Salah satunya tetap memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT