Calon Asesor BADA Jalani Ujian Tulis Dan Psikotes

BandaAceh | AcehJurnal.com – Dinas Pendidikan Dayah Aceh melalui Badan Akreditasi Dayah Aceh (BADA) menggelar acara seleksi ujian tulis dan psikotes calon Asesor BADA di Ruang Sidang Majelis Permusyarawatan Ulama Aceh, Desa Tingkeum, Darul Imarah Aceh Besar, Selasa hari ini (8/6/2021).

Ketua Panitia Teungku Ilham Mirsal dalam laporannya menyampaikan, seleksi yang diikuti seluruh teungku dayah se-Aceh ini akan melewati berbagai proses tahapan. Sebelumnya, 156 peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi.

“Sebelum ujian tulis dan psikotes ini dilaksanakan sebelumnya telah dilakukan seleksi administrasi, dari 156 yang mendaftar yang lulus seleksi administrasi sejumlah 151 peserta,” kata Teungku Ilham Mirsal.

Dikarenakan masih dalam suasana pandemi, proses tahapan seleksi mengedepankan prokotol kesehatan ketat. Para peserta melakukan ujian selesksi berbagai tahapan, yakni ujian tulis yang akan dilakukan dalam tiga gelombang. Gelombang pertama diikuti sebanyak 50 peserta, gelombang kedua sebanyak 50 peserta dan gelombang ketiga sebanyak 51 peserta.

“Setelah selesai tahapan ini, peserta yang lulus akan mengikuti tes psikotes dan baca kitab yang akan dilaksanakan di Aula lantai 2 dan 3 Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada Rabu 09 Juni 2021,” tambahnya.

Kepada peserta yang lulus baca kitab, maka nantinya akan mengikuti tahapan terakhir yaitu wawancara yang akan dilaksanakan di Aula Lantai 3 Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada Jum’at 11 Juni 2021 mendatang. Ia berharap agar peserta agar dapat mengikuti tahapan seleksi secara teratur dan b

Advertisement

aik serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Untuk informasi pada tahun 2021 akan dilakukan Survey terhadap 846 dayah yang tersebar di 23 kabupaten dan kota di Aceh,” ujar Teungku Ilham.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri dalam arahannya agar peserta ujian calon Asesor BADA yang lulus dapat bekerja secara objektif dan independen dalam melakukan survey nantinya. Disamping itu pula, juga menjunjung tinggi etika dan adab dalam berkomunikasi dengan para Abu Pimpinan Dayah.

“Dalam melaksanakan Survey para Asesor diharapkan menjunjung tinggi kebenaran data tapi juga tetap menghormati objek survey,” kata Zahrol Fajri.

Lebih lanjut Zahrol Fajri mengatakan tujuan dari akreditasi ini untuk menghasilkan suatu dayah yang memenuhi standar yang sudah ditentukan sesuai dengan ketentuan. Tipelogi dayah ini diperlukan agar dapat mengetahui arah pembangunan sarana dan prasarana dayah. Menurutnya, setiap kekurangan dan kelebihan dayah-dayah di Aceh dapat ketahui bersama-sama berdasarkan hasil data yang benar.

” Untuk itu, kepada Asesor BADA yang lulus nantinya dapat melaksanakan survey dengan sebenar-benarnya dan kita harapkan tidak ada sedikitpun manipulasi data karena kedekatan atau hubungan lainnya,” ujar Zahrol Fajri.

Terakhir, Zahrol menegaskan bawah akreditasi dayah ini bertujuan untuk kemajuan dan perkembangan dayah di Aceh. Pasalnya, semua pihak punya keinginan agar pendidikan dayah unggul dan diminati oleh masyarakat.

“Harapaan kita kedepan akan melahirkan generasi aceh Carong dan Meuadab dapat terwujud, maka sangat dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mencapai cita-cita mulia ini,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT