BMKG Prediksi Hujan Landa Aceh Hingga Akhir Juli 2020

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metrologi Sultan Iskandar Muda Aceh Besar memprediksi hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah Aceh. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Metrologi Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, hujan akan terus turun di musim kemarau hingga akhir Juli 2020 mendatang.

“Saat ini masih termasuk kemarau basah. Jika diprediksi, ini akan terjadi cuma tiga hari,” kata Zakaria Ahmad via telepon seluler, Selasa (21/7/2020).

Zakaria menjelaskan, hasil analisa dari pantauan radar menyimpulkan bahwa, cuaca selama sepekan ke depan masih sama dalam beberapa hari terakhir. Menurutnya, sebagian besar di Aceh akan terjadi belokan angin di Samudera Hindia Barat Aceh. Selanjutnya, terjadi anomali suhu muka laut di peraian Aceh anatra satu hingga tiga derajat celcius. Ini terjadi di wilayah Samudera Hindia barat Sumatera sehingga menyebabkan meningkatkan penguapan air laut. Saat air laut menguap, tambahnya, maka hujan akan turun. Begitu juga dengan adanya belikan angin, maka uap air yang seharusnya jatuh ke tempat lain, namun berbelok ke wilayah Aceh.

“Akibat naiknya suhu muka laut di perairan Aceh, maka kita himbau kepada nelayan maupun pengguna transportasi laut untuk waspada. Karena akan berpotensi gelombang tinggi hingga tiga meter,” tambah Zakaria Ahmad.

Ia menambahkan, untuk wilayah perairan utara Sabang, Barat-Selatan Aceh, Samudera Hindia, Selat Malaka bagian Utara dan sekitarnya gelombang mencapai tiga meter lebih.

“Oleh karena itu, warga diminta untuk terus waspada dan tidak bepergian tanpa peralatan cukup. Apalagi bagi para penyintas wilayah Barat-Selatan Aceh karena berpotensi tanah longsor selama musim penghujan,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT