BMKG Ingatkan Waspada Gelombang Setinggi 4 Meter di Utara Sabang dan Barat Aceh

Banda Aceh – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia. Peringatan dini ini terhitung selama periode 31 Mei – 2 Juni 2021. Informasi diperoleh, gelombang dengan kisaran 2,50 – 4,0 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, dan perairan barat Pulau Simeulue. BMKG mencatat sistem tekanan rendah 1006 hPa di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan 1004 hPa di Samudra Pasifik utara Papua barat. Kondisi ini mengakibatkan percepatan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang dominan bergerak dari Selatan – Barat dengan kecepatan berkisar 5 – 25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 5 – 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kep Mentawai, ┬áSamudera Hindia barat Sumatra, perairan utara Papua barat, Laut Arafuru, dan perairan Yos Sudarso-Merauke. Masyarakat nelayan diminta untuk waspada, karena kondisi ini berisiko bagi keselamatan pelayaran. Khususnya nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), ┬ádan kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

Selain itu, kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m) juga harus meningkatkan kewaspadaan. [Inews.id]

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT