Berkat Zoom, Li Ka-Shing Jadi Orang Terkaya di Hongkong

Hongkong – Li Ka-shing kembali menjadi orang terkaya di Hong Kong. Kekayaan Li naik sebanyak 20% menjadi US$ 35,4 miliar tahun ini.
Dikutip dari South China Morning Post, Jumat (26/2/2021), Li yang berusia 92 tahun ini dikenal dengan ‘Superman’ karena kehebatannya dalam membuat kesepakatan. Ia mendapat keuntungan dari sahamnya di aplikasi konferensi video Zoom yang sahamnya melonjak hampir 400% tahun lalu.

Hal tersebut melindunginya dari penurunan sebanyak 27% dalam saham CK Asset Holdings, cabang properti kerajaan bisnisnya. Li memiliki 6,6% saham di Zoom menurut Bloomberg Billionaires Index dan 35,77% saham di CK Asset.

Sektor real estat yang mencetak kekayaan untuk para orang kaya mengalami pukulan parah karena pandemi. Pan Sutong dari Goldin Financial Holdings adalah salah satu yang terkena dampak terburuk dengan kekayaan bersihnya anjlok 56% menjadi US$ 1,8 miliar.

Tokoh properti lainnya yang terpukul adalah ‘shop king’ Tang Shing-bor dari Stan Group yang disebut akan mendivestasi kepemilikan real estatnya. Kekayaannya mencapai US$ 4,75 miliar turun dari US$ 5,5 miliar pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, kekayaan bersih Superman Li terlindung oleh diversifikasi ke bidang teknologi dan industri lain di luar properti bertahun-tahun lalu. Kekayaannya dikumpulkan dari real estat melalui CK Asset dan berbagai bisnis mulai dari ritel hingga pelabuhan peti kemas di bawah CK Hutchison Holdings.

Seperempat dari harta orang terkaya itu sekarang berasal dari Zoom menurut indeks kekayaan Bloomberg berkat taruhan awal yang dibuat pada perusahaan tersebut pada tahun 2013 melalui kendaraan investasinya, Horizon Ventures.

Didirikan pada tahun 2002, grup ini telah menaruh uang di nama-nama besar seperti Facebook, perusahaan streaming musik Spotify, dan perusahaan startup daging tiruan, Impossible Foods. []

Sumber : Republika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT