Bendera Bintang Bulan Berkibar di Milad GAM kota Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE | ACEHJURNAL.COM – Peringatan Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-45 dihelat di sejumlah wilayah di Provinsi Aceh, Sabtu (4/12/2021). Informasi diperoleh AcehJurnal.com, puncak peringatan Milad GAM ini dipusatkan di kompleks makam Pahlawan Tgk Chik di Tiro. Di kompleks tersebut, juga bersemanyam deklarator GAM, Hasan Tiro yang juga cucu Allahyarham Tgk Chik di Tiro.

Kali ini, bendera bintang bulan berkibar pada puncak peringatan Milad GAM ke-45 di Gampong Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Kegiatan yang dihadiri eks kombatan GAM dan masyarakat dipusatkan di masjid Jamik At Tahrir desa setempat.

Pada proses pengibaran bendera bintang bulan, dihadiri langsung oleh Ketua Mualimin, Tgk Zulkarnaini bin Hamzah alias Tgk Ni.
Dalam sambutannya, Tgk Ni menceritakan proses panjang sejarah lahirnya perjuangan GAM.
“GAM ini lahir bukan tanpa kisah atau hayalan belaka. Tapi murni lahir dalam memperjuangkan marwah rakyat Aceh akibat adanya ketidakadilan pemerintah pusat, ” kata Tgk Ni.
Menurutnya, banyak rakyat Aceh mulai dari ulama, cendikiawan hingga tokoh-tokoh masyarakat telah menjadi para syuhada dibalik proses panjang sejarah perjuangan GAM. Pasca ditandatangani MoU Helsinki, maka tugasĀ  semua rakyat Aceh masih sama, yakni bersama-sama memperjuangkan segala kekhususan Aceh.

Advertisement


Advertisement

“Tugas kita bersama-sama adalah memperjuangkan hak-hak kita yang masih belum diberikan oleh pemerintah pusat. Yakni butir-butir MoU Helsinki dan turunan UUPA, ” pungkas Tgk Ni dalam bahasa Aceh. []

Laporan Asnawi Umar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT