Banjir Kepung Aceh Utara, Sejumlah Rumah Ambruk ke Sungai

LHOKSUKON | ACEHJURNAL.COM – Hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Utara menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah titik. Hingga Sabtu (5/12), dilaporkan sejumlah rumah dikabarkan ambruk.

Anggota DPRA, Mukhtar Daud alias Gesyik Tar ketika dikonfirmasi AcehJurnal.com mengaku, banjir disertai longsor terjadi hampir di seluruh desa di Kabupaten Aceh Utara.

“Dari data kita peroleh saat turun ke lapangan, hampir semua desa tergenang banjir. Bahkan ada sejumlah rumah sudah ambruk akibat abrasi sungai,” kata Mukhtar Daud alias Geusyik Tar.

Adapun sejumlah rumah ambruk akibat abrasi sungai di Gampong Gunci Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara. Selain itu, sejumlah rumah warga di Gampong Teupin Gajah, Kecamatan Jambo Aye, Aceh Utara juga terancam ambruk akibat abrasi.

Politisi PNA ini meminta kepada Pemerintah Aceh melalui instansi terkait segera menanganinya. Pasalnya, katanya lagi, akan banyak rumah warga lagi yang akan ambruk jika hujan turun terus menerus.

“Kita meminta kepada pemerintah Aceh melalui instansi terkait agar segera menanganinya. Yang paling utama dulu adalah bantuan masa panik. Mereka juga meminta agar segera dibangun tanggul pengaman di sepanjang aliran Krueng Jambo Aye dan Krueng Keureutoe,” pungkasnya. []

Laporan : Asnawi Umar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT