Banjir Bandang Landa Turki, 44 Orang Tewas

Istambul – Korban tewas akibat banjir di wilayah utara Laut Hitam Turki bertambah jadi 44 orang, dan keluarga orang-orang yang hilang harap-harap cemas menanti upaya tim penyelamat menyisir puing pada Sabtu (14/8/2021).
Turki dilanda banjir terburuknya dalam beberapa tahun dan banyak yang khawatir jumlah korban tewas akibat derasnya arus banjir bandang dapat meningkat lebih lanjut.
Dikutip dari Reuters, 14 Agustus 2021, rekaman drone menunjukkan kerusakan besar di Kota Bozkurt yang dilanda banjir di Laut Hitam, tempat pekerja darurat menyisir bangunan yang hancur.
Kota kecil Bozkurt terletak di sebuah lembah di sepanjang tepi Sungai Ezine di Provinsi Kastamonu, berjarak hanya 2,5 km dari Laut Hitam.
Tiga puluh enam orang tewas akibat banjir di distrik Kastamonu yang meliputi Bozkurt, dan tujuh orang lainnya tewas di Sinop dan satu di Bartin, kata Direktorat Penanggulangan Bencana dan Manajemen Darurat (AFAD), Reuters melaporkan.
Dalam satu bangunan runtuh di sepanjang tepi sungai yang meluap, 10 orang diyakini masih terkubur. Banjir bandang yang mendadak dan cepat tampaknya telah menyapu fondasi beberapa blok apartemen lainnya.
“Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Tidak ada listrik. Telepon seluler mati. Tidak ada kabar. Anda tidak dapat menerima berita dari siapa pun,” kata Ilyas Kalabalik, seorang warga berusia 42 tahun.
Advertisement

“Kami tidak tahu apakah airnya naik atau tidak, apakah membanjiri gedung atau tidak. Kami hanya menunggu, seperti ini. Istri dan anak-anak kami panik. Begitu matahari terbit, di pagi hari, kami melihat petugas polisi. Mereka membawa kami dari gedung dan menempatkan kami ke sebuah pompa bensin.”
Kalabalik dikelilingi oleh warga yang saling bertanya apakah ada yang punya kabar tentang orang hilang.
“Anak-anak bibi saya ada di sana. Bibi saya hilang. Suaminya hilang. Cucu kembarnya hilang. Istri manajer gedung kami hilang bersama dua anaknya,” kata Kalabalik kepada Reuters.
Banjir terjadi ketika pihak berwenang menyatakan kebakaran hutan di wilayah pesisir selatan selama dua minggu telah dikendalikan. Sekitar 45 menit hujan turun dalam waktu kurang dari tiga hari di satu desa dekat Bozkurt.
Banjir mengempaskan puluhan mobil dan tumpukan puing di sepanjang jalan, menghancurkan jembatan, menutup jalan dan memutus aliran listrik ke ratusan desa-desa wilayah Laut Hitam Turki. []
Sumber : Tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT