Azhar Abdurrahman :  Pendapatan Aceh Rp 2,5 Triliyun itu 100 Persen untuk ASN

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Anggota DPR Aceh, Azhar Abdurrahman mengatakan bahwa, Pendapatan Asli Aceh (PPA) tahun anggaran 2020 mencapai Rp 2,5 Triliun. Pendapatan itu terdiri dari PPA sebanyak Rp 1,2 Triliyun, pendapatan retribusi sebanyak Rp 8 Miliar, pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebanyak Rp 181 Miliar.

“Selain itu ada pendapatan sah lainnya, yakni sebesar Rp 904 Miliar,” kata Azhar Abdurrahman di sela-sela rapat Komisi I pada Kamis (10/6/2021) di ruang Komisi I DPRA.

Politisi Partai Aceh ini mengatakan, PAA dalam evaluasi anggaran sebelumnya diperuntukkan hanya untuk gaji aparatur sipil negeri (ASN) dan tunjangan pejabat. Seharunya, Pendapat Asli Aceh (PAA) yang bersumber dari rakyat dapat dinikmati oleh masyarakat Aceh secara luas.

Advertisement

Mantan Bupati Aceh Jaya ini menyarankan agar diberikan pengembalian (cashback) kepada Kabupaten/Kota penghasil PPA tersebut. Ia juga mengkritisi atas ketidakmampuan Pemerintah Aceh dalam mengentaskan kemiskinan Aceh. Sehingga indeks kesejahteraan rakyat Aceh masih jauh tertinggal dengan daerah lain. Sebaliknya, katanya lagi, Pemerintah Aceh lebih memprioritaskan kesejahteraan bagi aparatur sipil negara (ASN) dengan tunjangan sekitar Rp 25 juta per bulan dikalikan dengan 21.800 orang.

“Sebaiknya Sekda Aceh sebagai Ketua TAPA  dapat mengarahkan Bappeda dalam distribusi Anggaran untuk fokus kesejahteraan rakyat dengan dukungan regulasi / Qanun Retribusi dan Qanun pajak  Pendapatan Aceh dan Penghasilan yang sah,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT