Awas ! Banjir dan Longsor di Gunung Paro dan Kulu

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Aceh menyebabkan banjir dan longsor. Hingga saat ini, Jumat (9/7/2021), banjir akibat guyuran hujan deras sejak 12 jam terakhir menyebabkan sejumlah titik di kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar tergenang air.

Selain itu, sejumlah titik di kawasan pengunungan Paro dan Kulu, Kabupaten Aceh Besar juga rawan longsor. Menurut penuturan Firdaus, warga Lhoong, Aceh Besar, luapan banjir terus menggenangi rumah dan persawahan milik warga. Bahkan warga yang bermukim di sepanjang sungai terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabatnya.

Ini dikarenakan debit air yang semakin meningkat sehingga warga setempat mulai waspada.

Advertisement

“Luapan air sungai sudah mulai meningkat. Bahkan ada warga yang sudah mulai pindah ke rumah tetangganya yang lebih tinggi,” kata Firdaus kepada AcehJurnal.com.

Selain menggenangi rumah dan persawahan milik warga, banjir dan longsor juga terjadi di sejumlah titik di jalan lintas Banda Aceh – Meulaboh. Ia memjnta kepada warga, khususnya para penyintas agar berhati-hati.

“Sejumlah titik di Gunong Paro dan Kulu sudah mulai longsor. Warga sudah mulai standby dibantu anggota TNI/Polri untuk membersihkan material longsor yang turun ke ialan,” ujar Firdaus.

Hingga saat ini, belum diperoleh keterangan resmi BPPD Aceh Besar terkait musibah tersebut. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT