AHY Tegaskan Demokrat Terus Perjuangkan Otsus Aceh

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk memperjuangkan dana otonomi khusus (Otsus) Aceh terus diperpanjang. Hal ini disampaikan AHY saat menggelar audiensi safari ramadhan dengan awak media dan generasi millennial di salah satu cafe di kota Banda Aceh, Selasa (19/4) malam.
“Sesuai dengan komitmen awal, Partai Demokrat akan terus memperjuangkan perpanjangan dana otsus di Aceh. Mohon dukungan dari semua rakyat Aceh,” ujar AHY.
AHY menjelaskan, perpanjangan dana otsus yang diperjuangkan oleh Partai Demokrat di tingkat pusat merupakan Langkah awal untuk menjaga dan merawat perdamaian Aceh. Ini juga sekaligus menjaga amanah perjanjian damai Aceh, yakni Memmorandum of Understanding (MoU) Helsinki dan turunan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA). Salah satu hasil perjanjian damai itu adanya dana otsus yang dikucurkan untuk Bumi Tanah Rencong sebesar 2 persen dari total dana alokasi umum (DAU) yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Menurut AHY, alokasi dana otsus Aceh yang digelontorkan pada tahun 2008 lalu akan berakhir pada tahun 2027 mendatang. Sehingga, Aceh dipredisikan tidak akan menerima bantuan otsus lagi dari pemerintah pusat.
“Ini menjadi tugas kita bersama di Partai Demokrat untuk terus mengawal dan memperjuangkan dana otsus. Baik itu masyarakat Aceh maupun Papua,” ujar AHY.
AHY menambahkan, proses kucuran dana otsus baik ke Aceh maupun Papua selama ini memang terjadi penurunan. Namun sangat disayangkan jika dana otsus yang digelontorkan semakin berkurang.
“Jika kondisi keuangan negara baik-baik saja, sudah pasti alokasi dana otsus Aceh ini dapat ditingkatkan atau kemudian dipertahankan. Contohnya seperti di Papua, dulunya ada harapan untuk ditingkatkan menjadi 4 persen. Namun saat ini yang ada hanya 2,25 persen. Ini karena kondisi keuangan negara kita segitu, sehingga jauh dari harapan,” ujar AHY.
AHY menambahkan, saat ini Partai Demokrat yang dinakhodainya terus berikhtiar untuk terus memperjuangkan agar dana otsus bagi Aceh dan Papua tetap diperpanjang. Sehingga pemerataan ekonomi dan akselerasi pembangunan di Bumi Serambi Mekkah dan Bumi Cenderawasih semakin meningkat.

“Insya Allah, Partai Demokrat tetap konsisten untuk mengawal dan memperjuangkan perpanjangan masa dana otsus Aceh sehingga memberikan dampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat Aceh,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT