Ahmad Leumbeng Bantu Rohingya Yang Terdampar di Aceh Timur

Idi Rayeuk | AcehJurnal.com – Anggota DPRK Aceh Timur dari Fraksi Aceh, Muhammad alias Ahmad Leumbeng mengunjungi 81 pengungsi yang terdampar di pesisir pantai Aceh Timur, Sabtu (5/6/2021). Sebelumnya, boat yang ditumpangi etnis Rohingya ini dikabarkan terdampar di Pulau Idaman Gampong Kuala Simpang Ulim Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur, Jumat (4/6/2021).

Dalam kunjungan itu, Panglima GAM Asahan itu turut menyalurkan bantuan sembako dan kebutuhan masa panik lainnya bagi pengungsi Muslim asal Myanmar tersebut. Menurutnya, kunjungan tersebut sebagai rasa simpatik terhadap mereka.

“Ini sebagai rasa bentuk kepedulian kita dari segi kemanusiaan. Apalagi mereka saudara seiman kita sehingga wajib kita bantu mereka yang sudah lama terombang ambing di lautan akibat negaranya diamuk perang,” kata Ahmad Leumbeng kepada AcehJurnal.com via telepon seluler.

Politisi Partai Aceh ini mengatakan, kunjungan tersebut juga sesuai instruksi Mualem untuk meringankan beban penderitaan etnis Rohingya. Menurutnya kehadiran mereka ke Bumi Serambi Mekkah dipastikan bukan unsur kesengajaan. Melainkan akibat terdampar ke perairan Aceh setelah lari dari negara mereka menghindari konflik perang. Menurutnya, rakyat Aceh juga pernah merasakan hal yang sama saat konflik masih berkecamuk di Aceh.

Advertisement

“Dulu, banyak warga kita yang lari ke negeri seberang untuk menyelamatkan diri. Jadi saat ini, giliran kita untuk membantu mereka,” kata Ahmad Leumbeng.

Dalam kunjungan itu, ia juga berharap agar Pemerintah Aceh, khususnya Pemkab Aceh Timur untuk segera membantu menangani pengungsi Rohingya.

“Lebih baik secepatnya diperhatikan. Karena saya tadi melihat cuma satu tenda saja yang didirikan. Ini mustahil jika laki-laki dan perempuan tinggal dalam satu tenda,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT