AcehJurnal.com, Banda Aceh- DPC PDI Perjuangan Kota Banda Aceh serahkan buku biografi Ulama Besar Aceh Tgk. Syech Hasan Krueng Kalee, pada Menko PMK Puan Maharani. Pihak Dayah Darul Ihsan melalui perwakilan Teungku Mustafa Husen Woyla mengamanahkan Buku Teungku Hasan Krueng Kalee kepada pengurus PDI Perjuangan DPC Kota Banda Aceh Helmy N Hakim. Adapun pemberian buku itu adalah untuk menyegarkan ingatan dan menyambung tali silaturahmi antara generasi penerus Bung Karno dan Generasi penerus Teungku Hasan Krueng Kalee. Selain itu biografi Tgk. Hasan Krueng Kalee penting untuk jadi referensi bagi pusat untuk lebih memahami kiprah tokoh-tokoh Ulama Aceh dalam perjuangan kemerdekaan RI.

Biografi Tgk. Hasan Krueng Kalee
Biografi Tgk. Hasan Krueng Kalee

Sebagaimana diketahui Teungku Hasan Krueng Kalee memiliki peran besar dalam perang memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI di Aceh. Dalam kesempatan itu juga pengurus PDI Perjuangan kota Banda Aceh Gading Hamonangan, Teuku Mahfud, Helmy N Hakim dan Zainul Ashri dipimpin menyampaikan aspirasi Dayah Darul Ihsan agar Teungku Hasan Krueng Kale dapat dianugrahi status sebagai pahlawan nasional dari Aceh. sekaligus menyampaikan undangan Dayah Darul Ihsan agar Ibu Puan dan Ibu Megawati menyempatkan waktu berkunjung ke Dayah Darul Ihsan untuk menyambung tali silaturahmi antara generasi penerus Teungku Krueng Kalee dan Generasi penerus Bung Karno.

Perjuangan Status Pahlawan Nasional oleh Dayah Darul Ihsan

Menurut Tgk Mustafa Husen Woyla, Dayah Darul Ihsan pernah memperjuangkan anugerah pahlawan nasional untuk Tgk. Syekh Hasan Krueng Kalee pada masa Presiden Soeharto namun upaya tersebut terputus dikarenakan pergantian rezim. Adapun upaya pemberian buku ini adalah tahap menyambung perjuangan yang terputus selama ini. kedepan Dayah Darul Ihsan akan membuat film dokumenter tentang Teungku Muhammad Hasan Krueng Kalee. (Jr7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here